Jumat, 05 April 2013

APA ITU STEM CELL (SEL INDUK)

Pembaruan dan perbaikan adalah proses berkelanjutan dalam tubuh manusia.  STEM CELL adalah sel induk yang terdapat pada benda-benda hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan yang berfungsi memasok sel-sel yang diperlukan untuk penggantian ini.
Stem Cells telah diidentifikasi di lebih dari 20 organ atau jaringan. Dua fitur kunci yang membedakan Stem Cells dari sel-sel biasa ialah :



1. Stem Cells dapat berubah menjadi berbagai sel spesifik dalam jaringan yang sama.


2. Stem Cells memiliki kemampuan luar biasa untuk memperbaharui dan meregenerasi dirinya sendiri melalui pembelahan sel di sepanjang hidup seseorang.


Jika pada manusia, “STEM CELL” terdapat pada PLASENTA & TALI PUSAT bayi yang baru lahir. Bagi orang Indonesia umumnya, PLASENTA & TALI PUSAT itu akan ditanam. Pada zaman sekarang, bagi golongan yang berada, STEM CELL anak mereka akan disimpan di STEM CELL BANK. STEM CELL itu boleh digunakan kembali jika bayi tadi mengidapi penyakit kronik. Tetapi biaya penyimpanan sangat mahal mencapai Rp. 60 Juta sd Rp. 320 Juta.


Dalam era baru ilmu kedokteran, Terapi stem cell dapat memberikan bantuan dan harapan untuk mereka dengan penyakit dan kondisi yang tidak mungkin untuk diobati sebelumnya. Mereka sekarang dapat diobati dan bahkan dapat  disembuhkan sampai batas tertentu.


Dengan terapi stem cell organ tubuh yang telah rusak diakibatkan oleh polusi, pola makan yang salah dan pola hidup yang tidak sehat serta efek samping dari obat-obatan kimiawi yang terus menerus dikonsumsi dipulihkan kembali dengan dimasukkannya stem cell – stem cell baru yang sehat yang akan membentuk sel-sel baru secara terus-menerus dan menggantikan fungsi dari sel-sel organ tubuh yang telah rusak.


Stem Cell Therapy merupakan sangat ampuh untuk mengatasi penyakit degeneratif seperti : Alzheimer, Parkinson, Stroke, Diabetes Melitus, khususnya Insulin Dependent Diabetes Mellitus ( IDDM ), Aterosklerosis, Infark Miokard serta banyak penyakit degeneratif lainnya. Bahkan para ahli menyatakan bahwa Terapi Stem Cell merupakan terapi terbaik untuk mengatasi penyakit degeneratif ini.

DIABETES
Diabetes adalah penyakit yang disebabkan karena kurangnya insulin yang dihasilkan oleh Kelenjar Pancreas. Hal ini menandakan bahwa Kelenjar Pancreas tidak berfungsi normal sebagaimana seharusnya. Menurunnya kemampuan pancreas untuk memproduksi insulin disebabkan karena ada sejumlah sel di Pancreas yang rusak atau tidak sehat. Agar Pancreas dapat berfungsi kembali dengan normal, maka diperlukan adanya perbaikan pada sel yang kurang sehat dan penggantian sel baru yang menggantikan sel yang sudah rusak tadi. Terapi Stem Cell mampu meregenerasi sel yang telah rusak tadi sehingga berangsur-angsur pancreas dapat kembali menjalankan fungsinya secara normal.

JANTUNG
Ada beberapa penyebab mengapa seseorang terkena Penyakit Jantung. Diantaranya terjadi karena banyaknya sel Jantung yang rusak atau kurang sehat sehingga kemampuan Jantung untuk memompa darah menjadi berkurang atau melemah. Dengan demikian peredaran darah menjadi kurang lancar dan sering kali terjadi komplikasi penyakit yang lain. Melalui Terapi Stem Cell sel-sel jantung yang telah rusak digantikan dengan sel-sel baru. Stem cell yang dimasukkan, secara terus menerus membentuk sel-sel baru, sehingga berangsur-angsur jantung kembali sehat dan mampu menjalankan fungsinya secara normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar